RSS Subscribe

Search

Wednesday, May 18, 2011

Manajamen uang untuk anak

Dalam buku Intelligent Investor karya Benjamin Graham dikatakan tidak ada masalah untuk mengenalkan manajemen uang pada anak. Menurut buku itu, ada sejumlah jenjang usia yang harus diperhatikan orang tua ketika mengenalkan pengelolaan uang pada anak
Inilah urutan pengenal uang yang berhasil KF kutip dari buku terebut via RepublikaOnline :
-Pada usia 9 tahun, pembelajaran tata kelola keuangan diawali dengan pemberian uang saku mingguan sebesar setengah usia mereka. Uang yang kemudian dialokasikan dalam tiga toples yang berbeda. Toples pertama digunakan untuk pola konsumtif, toples kedua untuk tabungan jangka panjang dan toples terakhir digunakan untuk amal.Dengan alokasi uang pada tiga toples tadi, anak-anak tahu kemana uang itu diperuntukan sekaligus memberikan pemahaman pentingnya perkiraan tujuan jangka pendek dan jangka panjang.
-Usia 13 tahun
Memasuki usia remaja, pengeluaran uang mendadak tanpa rem.Prinsip toples yang diterapkan dalam perencanaan keuangan haruslah berubah menjadi rekening bank, kartu ATM dan deposito. Para remaja juga harus menguasai tentang dasar-dasar ekonomi seperti perbedaan saham, obligasi dan reksa dana. Remaja juga harus mahir membuat anggaran belanja pribadi dengan mempertimbangkan sejumlah aspek seperti membuat perbandingan harga dan barang, membuat keputusan cepat dan menawar sesuatu yang menguntungkan.
-Usia 18 tahun
Usia 18 tahun merupakan tahapan awal menuju pribadi yang dewasa. Kebutuhan di usia ini lebih banyak berorientasi pada masa depan.Sebuah riset mengungkap indikator terbaik dari kesuksesan pengelolaan keuangan di masa mendatang adalah kemauan anak untuk menunda kepuasan serta memperkuat tabungan untuk jangka panjang. Bila orang tua masih memberlakukan uang saku, berikanlah dana yang cukup besar sehingga memungkinkan dia untuk mengalokasi sejumlah dana dalam bentuk anggaran belanja.
-Usia 23 tahun
Jelang kelulusan, orientasi anak tentu berubah dan condong untuk bersiap menggeluti karier yang diidamkan. Anak juga akan memikirkan konsekuensi dari penghasilan yang mungkin dia terima. Karena itu, di usia ini anak harus lebih baik mengelola keuangan seperti menyimpan catatan keuangan, membayar tagihan secara online, dan mulai berinvestasi.

Rekomendasi produk :

Buat ayah dan ibu yg pengen putra-putrinya cerdas finansial sejak usia dini (karena mainan ini ngga akan menarik lagi bagi anak usia 17 tahun. hehe )
-----------------------------
ATM MACHINE TOYS
Harga : Rp. 190.000
-----------------------------
Motif :
~ Lilo Biru
~ Pooh kuning
~ Hello kitty pink
~ Hello kitty biru
~ Mickey magenta

Beberapa keunggulan mainan ini:
1. Bisa mendeteksi uang indonesia (perak 100,200,500,dan 1000)
2. Memasukkan uang coin, akan keluar jumlah nominal di layar.
3. Memasukkan uang kertas, anak belajar mengetikkan sendiri jumlah nominalnya.
4. Bisa Cek saldo, seperti layaknya atm biasa.
5. Bisa melakukan tarik cash dengan menggunakan kartu/pin
6. Bisa mendeteksi, bila pin salah akan bunyi alarm.
7. Lengkap dengan kartu atm nya.
8. Bila lupa pinnya, tinggal buka baterai maka akan kembali ke nomor pin devault 0000
9. Dilengkapi dengan setting jam, tanggal dan alarm
10. Dilengkapi penjelasan tiap transaksi dengan suara dalam bahasa inggris (bukan chines)
11. Menggunakan bateray AA 3pcs (tidak termasuk didalamnya)

* semua coin rupiah yang disebutkan diatas dapat dideteksi sensor, namun untuk coin 500 yang warna emas, tidak bisa digunakan, karena sensor mengenalinya senilai 100 rupiah saja.


WOW ! kecil2 sudah belajar kebiasaan para milyuner ! BURUAN BELI
Stok TERBATAS !
Pesan sekarang di 085727242276

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...